Langsung ke konten utama

Keterampilan/skill

Persaingan dunia bisnis sekarang sangat ketat, banyak sekali industri atau badan usaha yang berkompetisi memenangkan persaingan.
Selain teknologi dan teknis yang terukur, bagian yang penting lainnya adalah kulitas sumber daya manusia didalamnya.
Apalagi dunua usaha akan menghadapi yang namanya revolusi industri 4.0

Nah...
Kali ini yang dibutuhkan untuk SDM yang bisa bersaing adalah Keterampilan/skill dan juga mentally (mental)
kita akan membahas mengenai skill dulu yang saya kutip dari metode kemenaker

Skill adalah keterampilan yang dimiliki, ini didapat dari sebuah proses yang dipelajari baik di dalam pendidikan formal, maupun tatacara kerja yang diatur.
Namun sebelum itu menjadi sebuah skill,maka semua pengetahuan yang didapat harus diolah serius, dipraktikan dalam kerja dan dilakukan secara konsisten. Sehingga jika seseorang sudah melakukan itu maka orang itu sudah bisa dikatakan memiliki skill.
Contoh nih yaa...
Saya hanya tahu bahasa indonesia, tapi saya belum menguasai sepenuhnya bekomunikasi menggunakan bahasa indonesia yang benar, kadang masih menggunakan bahasa daerah.
Nah saya belajar bekomunikasi dengan benar dan mengusainya sehingga itu menjadi skill saya dalam bekomunikasi.

Berikut ada Up-skill
Ini bagaimana seseorang mengembangkan skill nya ke level yang lebih tinggi, misalnya jika saya sudah lancar berkomunikasi menggunakan bahasa indonesia, saya akan menaikan level saya dengan mempelajari bahasa asing.

Dan selanjutnya adalah Re-skill
Bagaimana seseorang memanfaatkan skill yang sudah ia dapat untuk kepentingan aktifitas lainnya.
Saya sudah tahu berbahasa asing, dan sudah menguasai cara untuk berkomunikasi, itu bisa saya aplikasikan ke aktifitas misalnya jadi tour guide atau penulis

Jadi bagaimana..?
Anda tertarik untuk mengembangkan skill anda..?

Oohhh yaa...ini hanya mengenai skill yaa... Masih ada mental yang tak kalah pentingnya untuk menghadapi ketatnya persaingan dunia kerja

Komentar